7.04.2013

Museum UGM

Universitas Gadjah Mada Membangun Museum UGM
Museum UGM di Kompleks Bulaksumur
Sumber Situs RRI
Museum UGM- Referensi berita ini saya ambil dari situsnya RRI. Ya UGM kini telah memiliki museum yang namanya Museum UGM. Museum ini merepresentasikan sejarah perjuangan dan perjalanan Universitas Gajah Mada sehingga menjadi universitas (Negeri) tertua di tanah air sebagai sebuah perjalanan yang penuh dengan sejarah panjang dan berliku. Tentunya perjuangan tersebut tak lepas dari para pendiri the Founding Fathers UGM. 
Museum UGM berisi berbagai hal sejarah serta riset-riset yang dihasilkan UGM dan dideskripsikan dalam bentuk poster serta benda-benda peninggalan para pendahulu UGM. Sekretaris Tim Museum UGM bapak Widodo Usman STP., MSc menjelaskan bahwa Museum UGM yang secara resmi akan diresmikan bulan Desember mendatang ini didirikan sebagai penguat jati diri UGM serta sumber inspirasi bagi masyarakat serta generasi muda.
“Sejarah pendirian UGM yang panjang  direpresentasikan dalam sebuah sejarah singkat berisi bendawi yang disiskripsikan menjadi hal yang bernilai,” kata Pak Widodo Usman, Senin (10/6/2013, RRI news).
Keberadaan Museum UGM menempati Blok D 6 dan 7 Bulaksumur. Menurut Penjelasan Pak Widodo lokasi museum dipilih karena semua bangunan di kompleks Bulaksumur  UGM tersebut sangat monumental bergaya bangunan Indies berbentuk kopel serta adanya artefak pada bangunan. Lokasi Museum UGM ini dahulu pernah menjadi rumah dosen UGM yang juga kerabat Presiden Barack Obama.
“Berry atau Obama kecil sering berkunjung ke rumah tersebut karena  Profesor Imam Sutikno ayah Soetoro adalah kakek Obama kecil,”  kata Widodo (RRI news).
Pada Selasa 11 Juni 2013, Museum UGM mendapat kunjungan dari University Of Hawaii, yang menurut Pak Widodo salah satu rombongan adalah Maya Soetoro yang tidak lain adalah adik Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Artikel Terkait :

Museum UGM Mulai Dikunjungi Pelajar - Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Belanja Bakpia 65 Asli Yogyakarta

Sedekah Buku Kembali Tentang bakpia Belanja Bakpia 65 Asli Yogyakarta - Bakpia adalah identitas oleh-oleh khas Yogyakarta. Bagi yang b...