7.03.2013

Sejarah Istana Ratu Boko

Gerbang Istana Ratu Boko
Sumber: Borobudurpark.co.id
Sejarah Istana Ratu Boko - Istana Ratu Boko adalah adalah sebuah karya yang hampir hilang berupa kompleks istana dari abad ke-8, satu-satunya situs arkeologi campuran arsitektur Hindu dan Budha. Ya, Ratu Boko adalah situs arkeologi berupa istana kerajaan dari Kerajaan Mataram Kuno dari abad ke-8. Menurut sejarah Kerajaan Mataram Lama, Istana Ratu Boko digunakan oleh Dinasty Sailendra (Rakai Panangkaran) jauh sebelum zaman Raja Samaratungga (berdirinya candi Borobudur) dan Rakai Pikatan (berdirinya candi Prambanan).
Selain meninggalkan bukti sejarah berupa prasasti yang tersebar di Jawa. Kerajaan Mataram kuno membangun banyak kuil, bermotif Hindu maupun Budha. Temuan artefak emas di Wonoboyo menunjukkan kekayaan seni dan budaya diantaranya adalah candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Borobudur, dan banyak lagi.
Menurut prasasti kuno yang dibuat oleh Rakai Panangkaran di 746-784 Masehi, pada mulanya bangunan sekitar situs warisan sejarah Ratu Boko disebut Abhayagiri Wihara. Abhaya berarti tidak ada bahaya atau perdamaian. Abhayagiri berarti Buddha biarawan asrama (Vihara) yang terletak di daerah damai di atas bukit. Pada periode berikutnya antara 856-863 masehi, Abhayagiri Vihara berubah nama menjadi Kraton Walaing  yang dicanangkan oleh vasal Rakai bernama Rakai Walaing Pu Kumbayoni. Disebutkan dalam prasasti Mantyasih yang dibangun pada 898-908 Masehi oleh Rakai Watukara Dyah Balitung, di situ masih disebutkan Walaing sebagai silsilah Punta Tarka yang membuat prasasti Mantyasih. Dari awal abad ke-10 sampai akhir abad ke-16 tidak ada lagi berita tentang Kraton Walaing.
Nama Ratu Boko sendiri berasal dari masyarakat lokal. Ratu Boko (dalam bahasa Jawa berarti raja Heron) adalah ayah Loro Jonggrang, yang menjadi nama salah satu nama candi utama di kompleks candi Prambanan. Ok, itu adalah cerita pendek Istana Ratu Boko yang saya dapatkan dari selebaran oleh manajemen PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko. Silahkan buka cerita yang sama dalam versi bahasa inggris

Artikel Lainnya
Sisa-sisa arkeologi dari Istana Ratu Boko
Panorama yang Anda dapatkan di Istana Ratu Boko

Belanja Bakpia 65 Asli Yogyakarta

Sedekah Buku Kembali Tentang bakpia Belanja Bakpia 65 Asli Yogyakarta - Bakpia adalah identitas oleh-oleh khas Yogyakarta. Bagi yang b...